Viral Parodi Lagu Kebangsaan Indonesia, Kemlu RI Sampaikan Protes Kepada Malaysia

Viral Parodi Lagu Kebangsaan Indonesia, Kemlu RI Sampaikan Protes Kepada Malaysia
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI) menyampaikan protes terhadap Kedutaan Besar (Kedubes) Malaysia di Jakarta terkait parodi lagu Indonesia Raya. Indonesia meminta Pemerintah Malaysia segera bertindak.

Juru Bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah mengungkapkan bahwa keterangan pers yang disampaikan Kedubes Malaysia Minggu (27/12/2020) merupakan hasil komunikasi pemerintah dengan otoritas Malaysia.

“KBRI dan Kemlu sudah melakukan komunikasi dengan pemerintah dan otoritas terkait di Malaysia atas kejadian (parodi lagu) ini,” kata Dubes Faizasyah saat dihubungi, Senin (28/12/2020).

Faizasyah menambahkan, pemeritah Malaysia telah menjamin akan memenuhi permintaan atas protes yang dilakukan Indonesia.

“Selanjutnya pemerintah Malaysia sudah mengambil tindakan atas apa yang Indonesia Sampaikan,” lanjutnya.

Disampaikan melalui perwakilannya di Indonesia, Malaysia mengecam keras akun Youtube MY Asean yang menghina Indonesia dengan memparodikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’.

Untuk Diketahui, Kedubes Malaysia mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan note terkait video yang telah menghina Indonesia yang diduga di upload dari Malaysia.

“Kedutaan menegaskan bahwa pihak berwenang Malaysia sedang menyelidiki masalah tersebut,” mengutip keterangan Kedubes Malaysia di Facebook yang diunggah Minggu (27/12/2020).

Kedubes Malaysia berjanji akan menindak tegas pengunggah parodi lagu jika terbukti pelaku pembuat dan pengunggah parodi lagu Indonesia Raya tersebut terbukti merupakan warga negara Malaysia.

Otoritas Malaysia akan melakukan penindakan tegas pada pelaku yang diterapkan sesuai hukum negara setempat.

“Pemerintah Malaysia mengutuk keras segala bentuk tindakan provokasi negative yang dapat mempengaruhi hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia,” tulisnya.

Sebelumnya diberitakan telah beredar parodi lagu ‘Indonesia Raya’ yang itu berisi kata-kata menghina Indonesia serta para Presiden Indonesia

Parodi lagu Indonesia raya itu diunggah warganet dengan akun Youtube My Asean yang diduga merupakan warga negara Malaysia.

BACA JUGA  Salah Data, Pasien RSUD Blitar yang Masih Hidup Dinyatakan Meninggal

Lagu yang diunggah oleh akun berlogo bendera Malaysia itu berdurasi 1.31 menit dan telah ditonton oleh lebih dari 37 ribu kali sebelum akhirnya di hapus dari Youtube.

Berdasarkan informasi, KBRI telah melaporkan akun Youtube My Asean kepada pihak kepolisian setempat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top