TNI AL Selidiki Benda Asing yang Ditemukan Nelayan di Pantai Selayar

TNI AL Selidiki Benda Asing yang Ditemukan Nelayan di Pantai Selayar
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melakukan penyelidikan terhadap benda asing yang diduga kapal nirawak (drone) ditemukan di laut Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Masih didalami oleh jajaran TNI AL,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen Achmad Riad, saat dimintai konfirmasi, Selasa (29/12/2020).

Disebutkan benda tersebut kini sudah ada diserahkan ke Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI Makassar (Lantamal VI Makassar).

Benda tersebut ditemukan oleh seorang nelayan, Saeruddin (60). Saat itu Saeruddin berlayar seorang diri di laut Selayar.

Dia mengikat benda yang dilengkapi dengan kamera ke perahunya. Setelah sampai di pantai, benda tersebut digotong bersama-sama warga ke gerobak untuk kemudian dibawa ke rumah Saeruddin di Desa Majapahit, Kecamatan Pasimarannu, Kepulauan Selayar.

“Jadi kulihat dia punya antena ke atas, saya ikat saja antenanya. Lalu saya periksa itu barang bukan barang biasa jadi saya ikat dengan tali, pakai dayung saya tonda (tarik) itu, saya ikat (pakai tali) di antenanya,” sambungnya.

Saeruddin mengaku sempat menyimpan benda asing tersebut di kolong rumahnya selama sepekan. Hingga akhirnya pihak TNI yang mengetahui temuan Saeruddin langsung mengevakuasi benda tersebut pada Sabtu (26/12) lalu.

“Jadi 1 minggu saya dapat baru diambil. Waktu itu saya melaut, masih melaut belum naik. Waktu naik dari laut, saya dipanggil ke sana dia kasi tahu saya (benda asingnya) mau diamankan di sini (Koramil), Pak, saya bilang terima kasih, begitu,” ujar Saeruddin.

Disebutkan bahan utama pada drone tersebut terbuat dari aluminium. Beratnya sekitar 175 kilogram. Pada drone itu terdapat 2 buah sayap di sebelah kiri dan kanan yang masing-masing panjangnya 50 sentimeter (cm).

BACA JUGA  Alhamdulillah, Kasus Positif Covid di Secapa AD Nyaris 0 Persen!

Panjang bodi drone tersebut diperkirakan 225 cm, ekornya 18 cm, ada antena belakang 93 cm, serta terdapat benda mirip kamera yang terletak di area bodi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top