Taman Nasional Zamrud, Surga Tersembunyi Diatas Ladang Minyak

Taman nasional zamrud, surga tersembunyi diatas ladang minyak (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

RIAU – Taman Nasional Zamrud, kawasan ini begitu hijau, asri dan cantik. Taman wisata ini memiliki empat pulau yakni Pulau Tengah, Pulau Bugsu, Pulau Beruk dan Pulau Besar.

Pulau ini juga sering berpindah hingga disebut pulau hanyut karena pijakan pulau merupa gambut yang membuatnya tergantung dan tidak menempel pada dasar Danau Zamrud yang juga merupakan danau rawa terbesar kedua di dunia setelah Brazil.

Untuk diketahui, Taman Nasional Zamrud ini berada di Desa Dayun, Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, Riau. Dengan luas danau di Pulau Besar mencapai 26,4 ribu hektar dan Danau Bawah seluas 360 hektar hingga menjadi salah satu Cagar Biosfer di Riau dengan keanekaragaman hayati, termasuk hewan yang dilindungi seperti ikan arwana.

Yang membuat taman wisata ini menjadi istimewa adalah ditemukannya cadangan minyak pada tahun 1982 lalu. Dengan adanya cadangan minyak ini maka dilakukan pengeboran miring agar minyak di bawah tanah dapat diambil tanpa merusak alam yang ada di atasnya dan pola ini masih dilakukan hingga sekarang.

Saat ini pengawasan rutin terhadap ekosistem Danau Zamrud rutin dilakukan oleh badan operasi bersama. Untuk memastikan kondisi lingkungan tetap terjaga baik dari aspek biologis, vegetasi, flora dan fauna. Selain itu untuk mereka yang akan masuk ke Taman Nasional Danau Zamrud ini tidak bisa sembarangan dan harus mendapatkan surat izin memasuki kawasan dari BBKSDA Riau.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top