Setelah Normalisasi UEA dan Israel Bentuk Aliansi Lawan Iran

Setelah normalisasi UEA dan Israel bentuk aliansi lawan Iran (net)

BERITA TERKAIT

ABU DHABI – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengungkapkan jika Uni Emirat Arab (UEA) dan Israel sudah sapakat membentuk aliansi untuk melawan Iran. Pompeo menyebutkan aliansi ini dibentuk untuk melindungi wilayah Amerika dan Timur Tengah.

“UEA dan Israel sama-sama mengakui Iran sebagai ancaman besar, jadi mereka sekarang telah menemukan cara untuk membangun hubungan yang dapat membangun koalisi guna memastikan ancaman ini tidak pernah mencapai pantai Amerika atau merugikan siapa pun di Timur Tengah,” ucap Pompeo.

Pada tanggal 13 Agustus lalu UEA dan Israel diketahui melakukan normalisasi hubungan antar negara keduanya yang ditengahi oleh Amerika Serikat.

Keputusan untuk menormalisasi hubungan antar kedua negara ini disepakati melalui pembicaraan telepon antara Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Putra Mahkota Abu Dhabi Mohammed Bin Zayed bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pompeo mengungkapkan dialog antara tiga pemimpin negara tersebut merupakan salah satu momen bersejarah.

Pada akhir bulan Agustus delegasi AS dan israel yang dipimpin oleh Penasihat Gedung Putih, Jared Kushner tiba di Abu Dhabi untuk membuat kesepakatan damai antara Israel dan UEA.

Keputusan normalisasi ini tak lantas berjalan mulus, UEA langsung mendapat kecaman dari berbagai negara termasuk Iran, Palestina dan Turki. Bahkan Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei mengungkapkan bahwa UEA telah berkhianat dengan melakukan normalisasi dengan Israel ini.

Menurut Ali pengkhianatan UEA dengan Israel ini tidak akan bertahan lama, namun jejak sejarahnya akan kekal dan menjadi aib untuk negara UEA terutama terhadap negara-negara Islam.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top