Pemprov Jambi Siapkan Candi Muaro Jambi Jadi Cagar Budaya Provinsi

Pemprov Jambi siapkan Candi Muaro Jambi jadi cagar budaya Provinsi (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAMBI – Situs purbakala kompleks percandian Muaro Jambi merupakan kompleks Percandian agama Hindu – Buddha terluas di Asia Tenggara yaitu seluas 3.981 hektar dan disebut-sebut sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Kompleks percandian ini terletak di kecamatan maro sebo, kabupaten Muarojambi tepatnya di tepian Sungai Batanghari sekitar 26 kilometer arah timur kota Jambi. Candi Muara Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di Pulau Sumatera, Candi Muara Jambi juga telah ditetapkan sebagai kawasan strategis pariwisata nasional atau kspn oleh pemerintah pusat.

Namun dukungan Anggaran untuk pengembangan Candi Muara Jambi belum menjadi skala prioritas dari pemerintah pusat  karena Provinsi Jambi belum menetapkan Candi Muara Jambi sebagai kawasan cagar budaya tingkat provinsi dan tingkat kabupaten.

Pelaksana tugas dinas kebudayaan dan pariwisata Provinsi Jambi, Sri Purnama Syam pada Selasa 16 Februari mengatakan saat ini Pemprov Jambi tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk menetapkan Candi Muara Jambi sebagai kawasan cagar budaya tingkat provinsi. Kemudian pemprov jambi juga mendorong pemerintah kabupaten Muaro Jambi untuk juga menetapkan kawasan candi itu sebagai kawasan cagar budaya tingkat kabupaten.

Penetapan itu, jelas Sri bertujuan untuk memudahkan pengembangan Candi Muara Jambi dari segala lini terutama fasilitas dan dalam upaya menarik minat wisatawan agar candi muara jambi menjadi tujuan wisata nasional dan dunia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top