Obat dan Makanan Senilai 3 Miliar Rupiah Dimusnakan BBPOM Medan

Obat dan makanan senilai 3 miliar rupiah dimusnakan BBPOM Medan (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

MEDAN – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Medan memusnahkan obat dan makanan ilegal yang terdiri dari produk tanpa izin edar atau tidak memenuhi persyaratan keamanan, khasiat, manfaat dan mutu dengan nilai sekitar lebih dari 3 miliar rupiah.

Produk yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan dan penindakan pada sarana produksi dan distribusi di wilayah Sumatra Utara tahun 2020 yang diperjualbelikan secara daring.

Kepala BBPOM Medan I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa, di Medan pada Kamis 24 September 2020 mengungkapkan bahwa temuan produk ilegal ini berasal dari 5 lokasi dengan total sebanyak 24.878 buah, didominasi oleh produk pangan sebanyak 11.293, obat tradisional sebanyak 5.687 dan 7.888 kosmetik.

“Yang dimusnahkan itu nilainya adalah Rp3 miliar, namun disamping itu ada dimasa pandemi, sejak bulan April (hingga) pekan kedua bulan Juli saja, itu kami BBPOM Medan melakukan pengawasan dan mengungkap peredaran obat dan makanan tanpa izin edar.” Ucap Kepala BBPOM Medan I Gusti Ngurah Bagus Kusuma Dewa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahid menyatakan dari operasi pemusnahan ini makan BBPOM sudah menyelamatkan banyak orang.

“Bayangkan Rp3 miliar itu kalau masing-masing orang mengonsumsi 100 ribu maka BBPOM sudah menyelamatkan 30 ribu orang yang terselamatkan terhindar dari mengonsumsi barang-barang atau obat dan makanan yang ilegal.” ucap Kepala Dinas kesehatan Sumut, Alwi Mujahid.

BBPOM mengimbau masyarakat sebagai konsumen harus cerdas dan wajib mengecek obat dan makanan untuk konsumsi sehari-hari. pastikan kemasan dalam kondisi baik, baca informasi pada label serta jangan lupa periksa izin edar dan masa kadaluwarsa produk tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top