Lampaui Elaktabilitas Lawan, Fixpoll Prediksi Paslon Nasrul Abit – Indra Catri Bakal Menangkan Pilkada Sumbar!

Lampaui Elaktabilitas Lawan, Fixpoll : Paslon Nasrul Abit - Indra Catri Bakal Menangkan Pilkada Sumbar
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Lembaga Survei Fixpool Indonesia menyakini Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit-Indra Catri (NA-IC) bakal memenangkan Pilkada Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. Hal tersebut dapat dilihat hasil rilis Fixpool yang menyebutkan NA IC menyalip elaktabilitas Mulyadi-Ali Mukhni.

Direktur Eksekutif Fixpoll, Mohammad Anas RA mengatakan hasil survei menyatakan bahwa elektabilitas NA-IC 29,5 persen sedangkan Mulyadi-Ali Mukhni harus puas ada di 24,1 persen, sedangkan paslon lainnya Mahyeldi-Audy 22 persen, Fakhrizal-Genius Umar 11,4 persen.

“Diketahui (elaktabilitas) NA IC ada di 29,5 persen sedangnkan Mulyadi Ali hanya 24,1 persen,” ujarnya.

Elektabilitas itu diketahui berdasarkan survei dengan memakai simulasi kertas suara. Dari survei itu, 13 persen responden merupakan swing voters, 8 persen responden tidak tahu/tidak menjawab, sedangkan 5 persen responden merahasiakan jawaban.

Untuk diketahui Lembaga survei Fixpoll Indonesia melakukan penelitiannya pada tanggal 17 hingga 24 November di lakukan di 19 Kota/Kabupaten di Provinsi Sumbar.

“Sampel berasal dari seluruh Kecamatan yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah penduduk Sumbar yang telah mempunyai hak pilih,” tulisnya

Adapun jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1200 responden dengan proporsi (50:50) laki-laki dan perempuan.

Pengambilan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) sebesar ± 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini dilakukan wawancara dengan metode tatap muka (face to face) oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality Control sebanyak 20% dari total sampel secara random, dengan cara mendatangi kembali responden terpilih atau mengkonfirmasi ulang responden terpilih (spot check). Dalam Quality Control tidak ditemukan kesalahan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top