Mengenal Agustinus, Anak Papua yang Ada di Pecahan 75 Ribu Rupiah

Mengenal Agustinus, anak papua yang ada di pecahan 75 ribu rupiah (net)

BERITA TERKAIT

PAPUA – Bagian belakang uang kertas baru pecahan 75 ribu rupiah menampilkan ragam kebhinekaan Indonesia. Gambar ini diwakilkan dengan anak-anak bangsa yang mengenakan pakaian adat dari sembilan daerah di tanah air. Salah satunya adalah anak yang mengenakan pakaian ada Papua.

Model dari gambar di uang tersebut memang merupakan putra asli Papua bernama Agustinus Rumere warga Jayapura yang pada 8 September nanti genap berusia 10 tahun. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua pada 25 Agustus lalu memperkenalkan putra dari Fitriani sesray dan Niko Rumere itu.

Agustinus sendiri mengaku bangga bisa menjadi salah satu bagian dari uang yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-75 itu. Walaupun Agustinus sendiri awalnya tidak tahu akan digunakan untuk apa fotonya tersebut.

Ia mengungkapkan hanya mengikuti perintah dari ubunya satu tahun yang lalu untuk mengikuti sesi pemotretan. Ibu Agustinus yang juga bekerja di Bank Indonesia Perwakilan Papua juga menyebutkan awalnya tidak tahu nahwa foto itu akan digunakan untuk uang pecahan 75 ribu rupiah.

Pakaian adat yang dipakai Agustinus diketahui belum pernah digunakan pada desain uang rupiah.

Bersama anak-anak lainnya yang mengenakan pakaian adat daerahnya masing-masing, Agustinus menjadi gambaran anak-anak Indonesia yang menjadi sumber daya manusia unggul menyongsong masa depan gemilang.

Di pecahan 75 ribu ini juga terdapat gambar Satelit Merah Putih sebagai simbol komunikasi yang kokoh di Negara kesatuan republik Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top