Komnas HAM Masuk Tahap Finalisasi Investigasi Kasus Penembakan 6 Laskar Pembela Islam

Kasus Penembakan Anggota FPI di Tol Japek, Komnas HAM: Ada Tindakan Unlawful Killing
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Investigasi kasus penembakan terhadap 6 Laskar Pembela Islam (LPI) yang dilakukan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) saat ini sudah memasuki tahapan finalisasi. Ribuan video berhasil diperoleh Komnas HAM untuk menyusun laporan.

“Tim Penyelidikan Komnas HAM, saat ini sedang dalam tahap finalisasi laporan peristiwa kematian enam Laskar Khusus FPI. Salah satu bagian dari finalisasi laporan tersebut adalah memastikan kembali sejumlah video dan foto screen capture yang telah diperoleh dari beberapa pihak dan saat proses permintaan keterangan saksi,” kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam ketetangsnnya, Kamis (7/1/2021).

Anam menambahkan dalam proses penyelidikannya, pihaknya telah melakukan pemeriksaan lebih dari 8 ribu video terkaiit dengan peristiwa baku tembak di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 itu.

“8000 lebih video dan ribuan screen capture mewakili beberapa titik, seluruhnya sedang diamati kembali dan pendalaman oleh para Penyelidik Komnas HAM,” tambahnya.

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara menyebut tahapan penyusunan laporan sudah 80 persen. Namun, Beka belum bisa memastikan kapan laporan tersebut akan dilaporkan ke publik.

“Belum ada rencana itu (pemgumuman). Masih didiskusikan antar komisioner terkait jadwal rilis laporan lengkapnya ke publik. Prosesnya sudah sekitar 80 persen,”tutupnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top