Kemnaker Targetkan BLT Mulai Cair 28 Agustus Mendatang

Kemnaker targetkan BLT mulai cair 28 Agustus mendatang (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengungkapkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu untuk para pekerja dengan gaji nominal di bawah Rp5 juta tak jadi disalurkan pada Selasa (25/8). Mereka berharap penyaluran BLT ini dapat dilakukan mulai tanggal 28 Agustus mendatang.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyebutkan Kemnaker sudah mendata 2,5 juta rekening karyawan calon penerima BLT, namun pihaknya masih membutuhkan waktu untuk melakukan validasi sebelum mencairkan BLT tersebut. Ia juga mengungkapkan proses validasi masih butuh waktu selama empat hari.

“Kami akan check list baru akan kami serahkan kepada KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) untuk bisa mencairkan uangnya dan salurkan ke bank pemerintah lalu transfer ke penerima program subsidi upah,” ujar Ida dalam konferensi pers di kantornya.

Ida menyebutkan untuk mempermudah proses pengawasan dan evaluasi, BPJS Ketenagakerjaan memberikan data pekerja per kuota. Ia juga menuturkan pada pekan perdana ini dana untuk 2,5 juta orang siap untuk dicairkan.

“Kami membutuhkan waktu untuk mengecek. 2,5 juta itu bukan angka yang sedikit. Kami menargetkan bisa transfer itu dimulai dari akhir Agustus ini,” sambungnya.

Ia menargetkan seluruh program pendataan dan validasi selesai pada akhir bulan September mendatang dengan jumlah total penerima mencapai 15,7 juta pekerja.

“2,5 juta itu minimal yang bisa kami lakukan sehingga seluruh penerima bantuan bisa selesai masuk datanya akhir September ini,” ungkapnya.

Sebelumnya diketahui pemerintah akan memberikan BLT sebesar Rp600 ribu untuk 15,7 juta pekerja. BLT ini diperikan untuk para pekerja saat menghadapi tekanan ekonomi karena adanya pandemi covid-19.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top