India Coba Bangun Internet Sendiri, Indonesia Kapan?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

NEW DELHI – Negara India dikabarkan tengah berusaha untuk membangun internet sendiri. Hal ini dilakukan pemerintahan India setelah pihaknya banyak melarang aplikasi asing yang dinilai tidak memenuhi keamanan privasi India.

Langkah pertama India dalah membangun internet adalah dengan menghadirkan aplikasi serupa dengan Twitter yang bernama Koo. Aplikasi ini menjadi viral di India setelah sering diucapkan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Sepanjang tahun 2021 ini diketahui aplikasi Koo sudah diunduh sebanyak 3,3 juta kali, ini merupakan langkah awal yang baik bagi perusahaan Koo yang baru didirikan kurang dari satu tahun yang lalu.

Meskipun secara total Koo masih kalah dari Twitter yang sudah diunduh sebanyak 4,2 juta kali di India, namun pada bulan Februari 2021 lalu Koo terpantau lebih sering diunduh daripada Twitter, melansir CNN.

Untuk diketahui beberapa waktu belakangan aplikasi Twitter memang dilaporkan tengah bermasalah dengan pemerintah India, Twitter menolak untuk menghapus akun yang berkairan dengan protes petani terhadap undang-undang pertanian yang baru.

Perdana Menteri Modi memang diketahui tengah meningkatkan pengawasannya kepada beberapa perusahaan teknologi global. Tercatat Facebook, twitter dan Youtube merupakan beberapa aplikasi yang terus dalam pengawasan, Modi bahkan mengancam karyawan raksasa teknologi tersebut dengan hukuman penjara.

Beberapa aplikasi asal Tiongkok juga diblokir total oleh India seperti TikTok dan WeChat. Karena hal ini, beberapa perusahaan teknologi dalam negeri berusaha mengambil kesempatan dengan membuat aplikasi seperti MX Taka Ta dan Moj yang serupa dengan TikTok, atau Koo yang serupa dengan twitter.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top