Guyuran Hujan Sebabkan Banjir Lahar Dingin di Kawasan Semeru

Guyuran hujan sebabkan banjir lahar dingin di kawasan semeru (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

LUMAJANG – Hujan deras yang mengguyur kawasan di sekitar Gunung Semeru pada 3 Desember petang menyebabkan terjadinya banjir lahar dingin di sejumlah kawasan di Kabupaten Lumajang Jawa Timur.

Peristiwa tersebut membuat warga yang tinggall di sejumlah titik rawan menjadi panik, mengingat aktivitas gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut masih tergolong cukup tinggi.

Khawatir akan keselamatannya warga memilih untuk mengungsi ke sejumlah tempat pengungsian, salah satunya di pos pantau Gunung Sawur Pronojiwo.

Hingga 4 desember dini hari letusan masih beberapa kali terjadi. Namun, setelah merasa cukup aman pada pagi hari warga yang mengungsi kembali ke rumah masing-masing dan melakukan aktivitas sehari-harinya.

“Kita menghimbau masyarakat dan menahan masyarakat agar tidak melintas, kedua memberikan police line agar masyarakat tidak ada di bantaran.” ucap Komandan TRC BPBD Lumajang Peltu (Purn) Sugiono.

Berdasarkan data dari pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi setempat sejak pukul nol nol hingga pukul enam waktu indonesia barat terjadi tujuh kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo lima hingga 20 milimeter dan lama gempa 20 hingga 120 detik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top