Gempa 6,9 SR dan 7 Gempa Susulan Lainnya Gemparkan Warga Bengkulu

Gempa 6,9 SR dan 7 gempa susulan lainnya gemparkan warga bengkulu (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

BENGKULU – Gempa dengan magnitudo 6,9 dan 6,8 yang terjadi pada Rabu (19/8) sekitar pukul 05:23 WIB pagi menggemparkan warga Bengkulu. Warga yang merasakan adanya getaran gempa berlarian keluar rumah saat kedua gempa tersebut terjadi.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya 7 gempa susulan pasca gempa bermagnitudo 6,9 tersebut. Selain itu pihak BMKG juga menegaskan tak ada potensi tsunami akibat gempa ini.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Litman mengungkapkan hasil dari alat pendeteksi genpa seismograf mencatat adanya durasi getaran pasca gempa yang cukup lama.

“Guncangan gempa pertama berpusat pada 4.50 Lintang Selatan (LS) dan 100.91 Bujur Timur (BT) di Barat Daya Bengkulu dengan kedalaman 10 kilometer,” ucap Litman.

Gempa susulan pertama terjadi lima menit setelah gempa pertama yakni sekitar pukul 05.29 WIB dengan magnitudo 6,8 selanjutnya gempa susulan kedua terjadi pada pukul 05.39 WIB dengan magnitudo 4,9. Kemudian pada pukul 05.57 WIB gempa susulan ke tiga dengan magnitudo 4,7 terjadi, disusul dengan susulan ke empat, lima dan enam dengan masing-masing magnitudo 3,9 lalu 3,8 dan 3,4.

“Gempa ke dua bermagnitudo 6,8 di kedalaman 11 kilometer berada di titik 3.74 Lintang Selatan dan 101.56 Bujur Timur pada kedalaman 11 kilometer dan tidak berpotensi tsunami,” jelas Litman.

Litman memaparkan jika melihat dari pusat gempa, maka gempa kali ini bisa dibilang merupakan gempa jenis dangkal akibat adanya aktivitas antara lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top