Ditunjuk Jadi Menparekraf, Ini Tugas awal Sandiaga Uno dari Presiden Jokowi

Ditunjuk Jadi Menparekraf, Ini Tugas awal Sandiaga Uno dari Presiden Jokowi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengaku mendapatkan setumpuk pekerjaan rumah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai ditunjuk menjadi menteri. salah satu tugas utamanya adalah percepatan penyiapan infrastruktur lima destinasi super prioritas.

Sandiaga menerangkan lima destinasi super prioritas adalah Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

“Sampai kepada aspek seni budaya, kostum maupun pernak pernik yang berkaitan dengan kesiapan destinasi wisata tersebut untuk menjadi destinasi unggulan pasca pandemi covid,” ujar Sandiaga kepada media, Selasa (22/12/2020).

Kemudian, dirinya diminta untuk menyiapkan kalender kegiatan (calender event) pada setiap destinasi terutama destinasi lima super prioritas.

“Event-event yang berkaitan dengan menarik para wisatawan terutama di saat covid ini, yang bisa mempertahankan jumlah lapangan kerja dan aktivitas ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Kalender kegiatan tersebut, nantinya terbagi skala kecil yang meliputi kegiatan mingguan dan bulanan dan kelender kegiatan tahunan dengan skala dunia. “Event skala dunia ini yang diharapkan menjadi big bang,” ujarnya.

Jokowi juga meminta kepada mantan wakil Gubernur DKI Jakarta ini untuk fokus kerja keras dalam satu tahun ke depan sehingga dapat menyerap lapangan kerja dan membangkitkan ekonomi dikelola lebih baik

“Penyerapan lapangan kerja dan membangkitkan dan pengelolaan ekonomi yang terdampak pandemi,” ujarnya.

Selain mendapatkan catatan dari Jokowi. Sandiaga juga mendapatkan arahan dari Wakil Presiden RI, Maruf Amin. Sandiaga diminta untuk memastikan aspek kesehatan dan keselamatan di tiap-tiap destinasi pariwisata, terutama dalam menghadapi covid-19.

“Program-program seperti CHSE (Cleanliness,Hygiene, Sanitation, and Environment) dilanjutkan secara komprehensif dan strategis,” jelasnya.

Kemudian, Maruf Amin juga meminta agar ekonomi kreatif dapat menjadi lokomotif penciptaan lapangan kerja. Utamanya, sektor-sektor yang banyak menyerap dan menggerakkan perekonomian rakyat seperti kuliner, fesyen, dan kriya.

BACA JUGA  Marak Terjadi Kerumunan, Gerindra Minta Mendagri Sentil Daerah yang langgar Prokes

“Bapak wapres juga menambahkan untuk destinasi-destinasi wisata halal dan destinasi wisata religi juga menjadi perhatian untuk menggairahkan sektor wisata yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi menangkap peluang jadi pemenang,” tutupnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top