Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Tindak Pidana Pemilu, Bareskrim Kembali Panggil Cagub Sumbar Mulyadi

Ditetapkan Tersangka Kasus Dugaan Tindak Pidana Pemilu, Bareskrim Kembali Panggil Cagub Sumbar Mulyadi
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

JAKARTA – Bareskrim Mabes Polri menjadwalkan panggilan kedua terhadap Calon Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mulyadi pagi ini. Mulyadi sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pemilu.

“Jadwal pemeriksaan dipanggil pukul 09.00 WIB pagi ini,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Brigjen Andi Rian Djajadi sebagaiman yang dikutip dari detikcom, Kamis (10/12/2020).

Andi melanjutkan penyidikan kasus yang menjerat Mulyadi akan tetap dilanjutkan, meskipun Mulyadi jika tidak memenuhi panggilan kedua. Andi menyampaikan pelimpahan berkas perkara rencananya akan dilakukan besok.

Untuk diketahuii, Mulyadi dipanggil pertama kali sebagai tersangka terkait dugaan tindak pidana pemilu pada Senin 7 Desember 2020.

“Belum ada informasi terkait kedatangannya,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (7/12).

Bareskrim mulai menyelidiki kasus dugaan tindak pidana pemilu pasangan calon Pilgub Sumbar Mulyadi-Ali Mukhni. Polri mengatakan Sentra Gakkumdu menyepakati perkara tersebut masuk tindak pidana pemilihan yang kemudian penyidikannya diteruskan ke Bareskrim.

Kasus ini berawal dari adanya laporan pelanggaran kampanye di luar jadwal oleh pasangan Mulyadi-Ali Mukhni. Penasihat hukum pelapor Yogi Ramon Setiawan, Maulana Bunggaran, mengatakan kliennya sebelumnya sudah melaporkan hal tersebut ke Bawaslu RI dan laporan sudah dilimpahkan ke Bareskrim Polri. Laporan tersebut sudah tercatat dengan nomor laporan 14/LP/PG/RI/00,00/XI/2020 Bawaslu.

“(Apabila Mulyadi tidak memenuhi panggilan penyidikan) tetap akan dilanjutkan. Rencana besok tahap I, dalam proses itu penyidik punya waktu 6 hari untuk menghadirkan yang bersangkutan,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top