Dibanding PSBB, Pemkot Palembang Pilih Beri Sanksi Para Pelanggar Protokol Kesehatan

Dibanding PSBB, pemkot Palembang pilih beri sanksi para pelanggar protokol kesehatan (net)

BERITA TERKAIT

PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang akan memberlakukan sanksi kepada para pelanggar protokol kesehatan mulai besok. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa.

Ia menuturkan pemberlakukan aturan ini berdasarkan Peraturan Wali (Perwali) Kota Palembang Nomor 27 Tahun 2020 terkait adaptasi kebiasaan baru dalam situasi pandemi Covid-19.

“Sepekan ini sudah disosialisasikan dan mulai besok mulai diberlakukan hingga ada aturan baru. Semua orang wajib mengenakan masker, jaga jarak dan tidak berkerumun,” ujar Dewa.

Ia menyebut para pelanggar akan dikenakan sanksi berbagai macam mulai dari teguran lisan, tertulis, denda sampai pencabutan izin usaha untuk para pelaku badan usaha. Untuk denda sendiri bervariatif mulai dari 200 ribu Rupiah hingga 1 juta Rupiah.

“Sanksi denda dan penutupan tempat usaha adalah hukuman maksimal. Pada dasarnya, penerapan sanksi tujuannya mengurangi risiko penularan,” ucap Dewa.

Dalam menjalankan sanksi ini Dewa menjelaskan nantinya akan digelar sidang tindak pidana ringan (Tipiring) yang akan dipusatkan di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera).

Sementara itu untuk menjaring para pelanggar nantinya akan dikerahkan satu Tim yang terdiri dari Satpol PP, Polri dan TNI.

“Ada 250 personel Satpol PP diturunkan, ditambah Polri dan TNI. Bagi yang kedapatan langsung disidang dan disanksi,”  ujarnya.

Dewa menegaskan pemberian sanksi ini lebih dipilih daripada pemberlakukan PSBB kembali seperti pada buan Mei hingga Juni lalu, agar tetap bisa melanjutkan perekonomian di kota tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top