BBKSDA Amankan Seekor Harimau Sumatera yang Masuk Pemukiman Warga di Tapanuli Selatan

BBKSDA amankan seekor harimau sumatera yang masuk pemukiman warga di tapanuli selatan (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

SUMATERA UTARA – Pertugas Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara bersama warga berhasil menangkap satu ekor Harimau Sumatera di Desa Tapus Sipagimbal, Kecamatan Aek Bilah, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Harimau betina sekitar dua tahun ini ditangkap pada tanggal 24 Agustus 2020 lalu dengan menggunakan perangkap kandang jebakan dengan umpan seekor kambing.

Kepala BBKSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi dalam konferensi pers Senin, 31 Agustus 2020 menegaskan bahwa pihaknya mendapat laporan dari warga sekitar yang melihat Harimau Sumatera ini memasuki kawasan pemukiman warga. Harimau tersebut kedapatan memakan hewan pelihataan dan ternakj milik warga sejak bulan Mei 2020 silam.

“Mulai dari bulan Mei dia sudah muncul. sudah ada yang melihat dia makan anjing, ada makan ular, terakhir makan kambing beberapa kali dia memang turun ke desa. dan sering kali berkeliaran disitu, jadi mengkhawatirkan warga sehingga masyrakat pun agak resah. Banyak faktor (harimau memasuki pemukiman warga) bisa terdesak, bisa juga belajar berburu seperti itu dan masih kita dalami, kita masih lihat apakah itu kawasan hutannya dia atau apakah memang ada aktivitas yang terlalu menganggu.” ucap Homauli.

Setelah dilakukan penangkapan tim observasi langsung membawa harimau yang diberi nama Sri Bilah ini ke Sanctuary Harimau Barumun Nagari untuk pemeriksaan kesehatan. Sebelum kembali dilepas liarkan ke habitat aslinya di kawasan hutan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top