Asteroid Setinggi 2 Kali Piramida Giza Terdeteksi Mendekat ke Arah Bumi

Asteroid setinggi 2 kali piramida giza terdeteksi mendekat ke arah bumi (net)
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email

BERITA TERKAIT

WASHINGTON – Badan Penerbangan dan Antartika Nasional AS (NASA) menemukan satu objek langit yang terus mendekat ke bumi, diperkirakan objek langit tersebut akan melintasi orbit Bumi pas Minggu nanti. Sebelumnya objek yang diketahui merupakan asteroid ini sudah pernah melintas pada tahun 2010 mendatang.

Saat ini tim NASA tengah mempelajari asteroid dengan diameter 270 meter yang hampir dua kali lipat diameter bangunan bersejarah Colosseum di Roma dan hampir dua kali tinggi Piramida Giza di Mesir.

Asteroid yang secara resmi dikenal sebagai objek 465824 (2010 FR) sedang menuju ke orbit Bumi dengan kecepatan luar biasa sekitar 50.530 km per jam atau sekitar 14 km/detik atau 1,5 lebih cepat dari kecepatan hipersonik yang sudah disebut sangat tinggi.

“Objek yang dikenal sebagai asteroid ‘Apollo’ karena melintasi orbit Bumi, diyakini tidak menjadi ancaman bagi kehidupan di planet ini, “ ucap astronom dari Pusat Studi Objek Dekat Bumi Nasa.

Asteroid itu telah diperkirakan akan sampai di orbit Bumi pada tanggal 6 September mendatang dan akan menjadi salah satu dari sepuluh flybys orbit di dekat Bumi di bulan depan.

Sementara itu dua asteroid lainnya yakni 2020 QG5 dan 2011 ESA, juga diprediksi akan tiba di orbit bumi pada Selasa ini sedangkan 2020 PG6 dan 465824 (2010 FR) diperkirakan akan tiba di orbit Bumi pada masing-masing  2 dan 6 September.

Pada awal bulan ini saja asteroid sebesar 18 meter diketahui telah melewati Bumi dengan ketinggi 2.950km di atas Samudera Hindia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERBARU

Scroll to Top